Penjelasan Perbedaan Kebutuhan Dan Harapan Beserta Contohnya

Tahukah Anda apa saja perbedaan kebutuhan dan keinginan? Kedua istilah ini mempunyai makna yang sangat berbeda. Walaupun sering diucapkan, namun tidak banyak orang yang paham mengenai makna yang bahwasanya dari kebutuhan dan juga keinginan. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa kebutuhan dan keinginan merupakan hal yang sama. Kenyataannya, kebutuhan dan juga keinginan ialah 2 istilah yang mengacu pada hal yang sangat berbeda. Untuk klarifikasi lebih lengkapnya, Anda sanggup menyimak uraian mengenai kebutuhan dan keinginan berikut ini.
 Kedua istilah ini mempunyai makna yang sangat berbeda Penjelasan Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Beserta Contohnya

- Kebutuhan
Kebutuhan merupakan salah satu dari aspek psikologis setiap insan yang menggerakkannya dalam melaksanakan banyak sekali aktivitas. Kebutuhan ini juga menjadi dasar atau alasan atau faktor untuk melaksanakan usaha. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap orang harus bekerja. Bekerja (melakukan usaha) akan mendapat imbalan (gaji atau uang) yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Contoh dari kebutuhan sehari-hari ialah masakan dan minuman, setiap orang membutuhkan makan dan minum untuk bertahan hidup. Atau sanggup dikatakan, pemenuhan kebutuhan ini sangat penting dilakukan demi mendapat kesejahteraan. 

Dengan kata lain, bila kebutuhan tidak sanggup dipenuhi dengan baik maka hidup orang tersebut tidak ataupun kurang sejahtera. Selain makan dan minum, masih banyak lagi teladan lainnya mengenai kebutuhan. Contoh lainnya yaitu rumah, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang demi melindungi badan dari banyak sekali bahaya. Baik dari panas, hujan ataupun dari serangan lainnya, rumah ialah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Kebutuhan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan, semakin tinggi tingkat kebudayaan masyarakat tersebut maka semakin banyak pula kebutuhannya. 

- Keinginan
Keinginan sendiri merupakan pelengkap atas pemenuhan kebutuhan, sesuai yang diharapkan. Contohnya saja untuk makan dan minum, keduanya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Makan dan minum akan dianggap kebutuhan bila masakan dan minuman yang dikonsumsi apa adanya. Dengan kata lain, apapun masakan dan minuman yang ada akan tetap dikonsumsi. Namun bila Anda mempunyai impian untuk makan dan minum yang lebih maka itu disebut sebagai keinginan. Contoh, Anda ingin makan nasi, ayam goreng, pizza dan lain sebagainya ialah sebuah keinginan. 

Keinginan bukanlah sesuatu hal yang mendesak, bila tidak terpenuhi maka tidak besar lengan berkuasa terhadap kesejahteraan hidup Anda. Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yaitu pada terlihat pada fungsinya. Dari ulasan tersebut, sanggup ditarik kesimpulan bahwa makan ialah kebutuhan namun makan dengan rasa lezat ialah keinginan. Rumah ialah kebutuhan sedangkan rumah yang cantik ialah keinginan. Contoh lainnya yaitu berpakaian merupakan kebutuhan, namun berpakaian yang cantik dan mahal ialah keinginan. Setelah membaca ulasan ini, Anda tentu sudah tidak galau lagi mengenai kebutuhan dan juga keinginan. Itulah klarifikasi mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan, biar bermanfaat.

0 komentar